Kandungan Gizi dan Manfaat Mentimun

Kandungan Gizi dan Manfaat  Mentimun

Kandungan Gizi dan Manfaat  Mentimun - Mentimun atau timun (Cucumis sativus) merupakan suku labu-labuan atau Cucurbitaceae, mentimun merupakan tumbuhan setengah merambat dan merupakan tanaman semusim, setelah tanaman berbunga dan berbuah tanaman akan mati.

Mentimun menghasilkan buah yang dapat dimakan langsung atau dijadikan sebagai sayuran, buah mentimun berwarna hijau ketika muda dengan larik-larik putih kekuningan dan semakin buah masak warna luar buah akan berubah menjadi hijau pucat sampai putih, bentuk buah mentimun kira-kira silinder, memanjang dengan ujung meruncing

Mentimun memiliki kandungan air cukup banyak sekitar lebih dari 90% sehingga memiliki berbagai fungsi diantaranya dapat menyejukkan jika dimakan, potongan buah mentimun dapat digunakan untuk melembabkan wajah serta dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Kandungan Gizi Mentimun
Dalam satu porsi 100 gram mentimun mentah dengan kulit mengandung 95% air, 16 kalori, Vitamin K 16 % dari nilai harian dan persediaan kandungan rendah nutrisi penting.

Nilai gizi per 100 g (3.5 oz)
Energi 65 kJ (16 kcal)
Karbohidrat 3.63 g
Lemak 0,11 g
Protein 0.65 g
Vitamin
Mineral
Konstituen lainnya

Manfaat Mentimun
Bermanfaat sebagai efek pendingin dan pembersih kulit karena mentimun memiliki sifat diuretik. Bagian penting dalam perawatan kulit karena kandungan airnya yang tinggi, dan mengandung vitamin A, B, dan C, serta mineral, seperti magnesium, kalium, mangan, dan silika. Dapat mengencangkan kulit dengan menggunakan masker wajah yang mengandung sari mentimun. Mengurangi pembengkakan di sekitar mata karena asam askorbat dan asam caffeic yang ada dalam mentimun dapat menurunkan tingkat retensi air

Jus Mentimun
Jus mentimun merupakan jus yang berasal dari buah mentimun, jus mentimun memiliki kandungan air yang tinggi. Jus mentimun memiliki jumlah yang signifikan dari kalium dan tinggi vitamin A, dan mengandung sejumlah besar silikon, silika, sulfur dan sterol.

Kandungan Gizi Jus Mentimun
Nilai gizi per 1 ons
Energi 9 kkal (38 kJ)
Karbohidrat 1g
Vitamin
  • Vitamin C (2%) 2 mg
Mineral
  • Kalsium (4%) 40 mg
  • Besi (1%) 0,1 mg
  • Kalium (1%) 41 mg
  • Sodium (0%) 2 mg

Manfaat Jus Mentimun
Jus mentimun telah digambarkan sebagai diuretik terkenal, yang mungkin bermanfaat sebagai pembersih darah, dan bermanfaat bagi usus besar, lambung dan limpa. Mentimun mengandung hormon yang dibutuhkan oleh sel-sel beta pankreas untuk membuat insulin. Membantu dalam pengobatan radang saluran pernafasan dan mengurangi batuk. Berguna untuk meredakan mulas dan mengurangi asam dalam lambung.

Sumber : https://en.wikipedia.org

Labels: , , , , ,