Manfaat Cabe Rawit

Manfaat Cabai Rawit

Manfaat Cabe Rawit-cabai rawit atau disebut juga cabai kathur, merupakan buah dan tumbuhan anggota genus Capsicum. Cabai rawit ini sangat populer di Indonesia sebagai bumbu masakan pedas, selain di negara Indonesia cabai rawit digunakan sebagai bumbu masakan di negara-negara Asia Tenggara.

Nama cabai rawit di tiap negara berbeda-beda seperti di Malaysia dan Singapura namanya cili padi, di Filipina namanya siling labuyo, di Thailand namanya phrik khi nu, dan dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama Thai pepper atau bird's eye chili pepper. Di India tepatnya di daerah Kerala terdapat masakan tradisional yang menggunakan cabai rawit namanya kanthari mulagu.

Karakteristik tanaman cabai rawit
Cabai rawit warnanya akan berubah saat matang dari hijau menjadi merah, walaupun ukurannya lebih kecil dari varietas cabai lainnya, tetapi cukup pedas karena kepedasannya mencapai 50.000 - 100.000 pada skala Scoville. Kebanyakan masakan yang pedas menggunakan cabai rawit sebagai bumbu masakannya.

Dibalik bentuknya yang kecil ternyata cabai rawit memiliki khasiat dan manfaat untuk kesehatan tubuh. Zat yang terkandung dalam cabai rawit yaitu seperti Zinc, Selenium, Kalsium, Magnesium, Vitamin A, Vitamin C dan banyak lagi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Manfaat cabai rawit untuk kesehatan diantaranya
Demikianlah beberapa manfaat cabe rawit untuk kesehatan tubuh, semoga bisa bermanfaat.

Sumber : Wikipedia.com dan Merdeka.com

Labels: , ,